telah jauh melangkah 2#…

apa kabar adikku?

sudah hampir dua tahun sejak engkau kehilangan orang yang paling kau sayangi. aku pun tak menyangka, secepat itu waktu berlalu, dan tiba2 hari telah menjadi hari yang baru.

adikku, aku bingung bagaimana aku harus berkata, atas apa yang engkau hadapkan padaku beberapa bulan terakhir ini. aku bingung, sedih, dan tak tahu harus berbuat apa. aku ingin mengeluarkan kamu dari sana, dari tempat dimana kau terkubur begitu dalam sejak apa yang terjadi dua tahun lalu.

adikku, aku tau kamu sebenarnya bisa melewatinya. tapi kau tak lagi terbuka, aku pun tak lagi mendengar ide-ide brilianmu yang dulu menghipnotisku. yang ada di hadapanku sekarang bukanlah kau lagi yang dulu membuat aku terkagum dengan pencapaianmu. aku ta ada sesuatu yang terjadi padamu, tapi aku juga tak berani berspekulasi, karena itu adalah kehidupanmu sendiri. ketika dirimu tak mau bicara, aku tak berani memaksa, aku hanya bisa mengharap kau mau berbagi denganku.

adikku, kita kini telah dewasa, menginjakkan kaki di usia yang makin menua. engkau dengan kehidupanmu, dan aku berusaha dengan kehidupanku. meski aku tau, jalan kita bisa saja bersisian, tapi aku tak bisa melangkah lebih jauh dari sekedar saat ini.

adikku, aku menangis karenamu, tak sanggup untuk menarikmu sendiri, karena kau membenamkan dirimu sedalam mungkin, tak memberiku kesempatan untuk mengambilmu dari dalam lumpur itu. aku tau aku tak punya daya upaya lebih untuk menarikmu, tak memberimu kesempatan untuk membebaskan dirimu dari kekangan itu.

adikku,, aku teringat pernah menuliskan sesuatu untukmu, rasa bangga dan haru ketika aku mendengar dirimu telah melangkah jauh dahulu. aku tak tau apa yang terjadi, karena engkau adalah orang yang tak mau membagi lebih dari sekedar kulit luarnya.

adikku… ku hanya bisa berdoa.. kau temukan lagi dirimu yang dulu, dirimu yang penuh perjuangan dan pandangan maju akan masa depan. aku tau berat untuk sekarang, tapi aku akan selalu ada untuk mendukungmu, meski orang lain mungkin tak pernah mendukung sikapku. semua itu karena aku sayang padamu, tak ingin kamu jatuh, tak ingin kamu terluka, tak ingin kamu berada di lubang yang lebih dalam lagi…

adikku,, semoga semuanya akan baik2 saja…

Leave a comment